Profil Desa

Administrator 29 Juli 2013 17:46:44 WIB

Sejarah Desa Malaka

Desa Malaka adalah salah satu desa dari empat desa yang ada di wilayah Kecamatan Pemenang. Desa Malaka terletak diujung barat Kabupaten Lombok Utara, perbatasan antara Kabupaten Lombok Utara dengan Kabupaten Lombok Barat. Desa Malaka merupakan Desa hasil pemekaran dari Desa Pemenang Barat.

Desa Malaka terbentuk berawal dari adanya usulan pemekaran Kecamatan Tanjung menjadi dua (2) Kecamatan pada tanggal 19 Pebruari 1999, yaitu Kecamatan Tanjung yang pada waktu itu dipimpin oleh Drs. H. AMRULLAH ALI, SH dan Kecamatan Pemenang. Kecamatan Tanjung (Kecamatan Induk) yang terdiri dari Desa Jenggala, Desa Tanjung, Desa Sokong, dan Desa Persiapan Tegal Maja. Sedangkan Kecamatan Pemenang (Perwakilan Kecamatan) terdiri dari Desa Pemenang Timur, Desa Pemenang Barat, Desa Gili Indah, dan Desa Persiapan Malaka.

Dengan telah dikukuhkannya Desa Malaka satu dari Dua Puluh Enam (26) Desa Persiapan menjadi Desa Definitif, Bupati Lombok Barat H. ISKANDAR mengeluarkan Keputusan Bupati Lombok Barat Nomor 262 Tahun 2000 Tentang Pengangkatan Penjabat Kepala Desa yang ditetapkan di Mataram pada tanggal 14 Juni 2000, maka Desa Malaka pada waktu itu dijambat oleh H. MOH. BAIHAQI.

Desa Malaka pada awal berdirinya terdiri dari Empat (4) Dusun yaitu Dusun Mentigi, Dusun Pandanan, Dusun Nipah, dan Dusun Setangi. Dusun Mentigi terdiri dari RT Teluk Kodek, RT Teluk Nara, RT Mentigi dan RT Kecinan,  Dusun Pandanan terdiri dari RT Pandanan dan RT Teluk Borok, Dusun Nipah sendiri, dan Dusun Setangi terdiri dari RT Setangi, RT Malimbu, RT Badung, RT Lendang Luar, dan RT Klui.

Nama Desa Malaka sendiri diambil dari nama sebuah Makam seorang Ulama, yang terletak di atas bukit, antara bukit Teluk Nara dan Pandanan. Makam ini dikenal orang banyak dengan nama Makam MELKA, yang konon katanya diambil dari nama sebuah Pohon atau Buah yang bernama pohon MLAKA. Karena masyarakat kesulitan dalam melafalkan kata MLAKA akhirnya disebutlah MELKA atau MALAKA.

 

Sejarah Pemerintahan Desa Malaka

No. Nama Priode
1 H. BAEHAQI Tahun 2003 s/d 2007
2 M. SA'I AJIS, SH.I, MPd.I Tahun 2007 s/d 2011
3 IKLILUDIN, S.Ag Tahun 2011 s/d 2013
4 H. AKMALUDIN ICHWAN Tahun 2013 s/d 2019

 

 
  1. Sejarah Desa
  2. Profil Wilayah Desa
  3. Profil Masyarakat Desa
  4. Profil Potensi Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi MALAKA

tampilkan dalam peta lebih besar